Sejarah E-commerce

| Friday, May 1, 2015
  1. Lahirnya e commerce di Amerika
Sejarah perkembangan E-dagang di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah E-dagang (E-commerce). Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet – ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”
Perkembangan Teknologi Informasi telah berhasil menciptakan infrastruktur informasi baru. Internet memiliki beberapa daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, misalnya dalam hal kenyamanan, kecepatan data, akses 24 jam sehari, efisiensi, alternatif ruang dan pilihan yang tanpa batas, personalisasi, sumber informasi dan teknologi yang potensial dan lain lainnya.
Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa ‘Digital Marketing’
Pada awal penerapan electronic commerce yang bermula di awal tahun 1970-an dengan adanya inovasi semacam Electronic fund Transfer(EFT). Saat itu penerapan sistem ini masih sangat terbatas pada perusahaan berskala besar, lembaga keuangan pemerintah dan beberapa perusahaan menengah kebawah yang nekat, kemudian berkembang hingga muncullah yang dinamakan EDI ( Electronic Data Interchange). Bermula dari transaksi keuangan ke pemprosesan transaksi lainnya yang membuat perusahaan-perusahaan lain ikut serta, mulai dari lembaga-lembaga keuangan hingga ke manufacturing, ritel, jasa dan lainnya. Kemudian terus berkembang aplikasi-aplikasi lain yang memiliki jangkauan dari trading saham sampai ke sistem reservasi perjalanan. Pada waktu itu sistem tersebut dikenal sebagai aplikasi telekomunikasi.
Istilah perdagangan elektronik bererti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invois secara elektronik. Berkembang melalui aktiviti yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).Web mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e dagang akan menjadi sebuah sektor ekonomi yang akan berkembang dengan pesat.
 Awal tahun 1990-an komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan, maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-Commerce. Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72% dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. Di tahun 2006 pendapatan di Internet telah mencapai angka triliunan dollar, benar-benar angka yang menakjubkan.
Salah satu alasan pesatnya perkembangan bisnis online adalah adanya perkembangan jaringan protokol dan sofware dan tentu saja yang paling mendasar adalah meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.

  • Kira-kira 1972: The ARPANET digunakan untuk mengatur penjualan ganja antara pelajar di Stanford Artificial Intelligence Makmal dan Massachusetts Institute of Technology. Aktiviti ini kemudiannya digambarkan sebagai "perbuatan mani daripada e-dagang" dalam buku John Markoff Apa yang orang yg suka tidur Said.
  • 1981: Thomson Holidays UK adalah perniagaan-ke-perniagaan sistem membeli-belah dalam talian yang pertama yang akan dipasang.
  • 1984: Pada bulan April 1984, CompuServe melancarkan Mall Elektronik di Amerika Syarikat dan Kanada. Ia adalah perkhidmatan dagang pertama komprehensif elektronik.
  • 1990: Tim Berners-Lee menulis pelayar web pertama, WorldWideWeb, menggunakan komputer NeXT.
  • 1995: Jeff Bezos melancarkan Amazon.com. Dell dan Cisco mula menggunakan Internet secara agresif bagi urus niaga komersial. eBay diasaskan oleh komputer programmer Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb.
  • 1999: Alibaba Group ditubuhkan di China.
  • 2012: AS eCommerce dan Online jualan percutian Runcit mencapai $ 33800000000, sehingga 13 peratus. Juga pada tahun 2012, jualan eCommerce mencapai $ 1 trilion buat pertama kalinya dalam sejarah.


Lahirnya e commerce di Indonesia

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia - yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet.

2 komentar:

  1. Betul sekali. Dengan adanya e-commerse kita banyak terbantu. Tapi sayangnya, jarang ada e-commerse yang mengajak kita menjadi pelaku. kebanyakan dari kita hanya jadi penontonnya. Tidak ikut menikmati hasilnya.

    Namun jangan khawatir, akhir 2018 ini ada e-commerse dari Korea yang akan Grand Opening di Indonesia dan mengajak kita sebagai salah satu pelakunya. Bukan hanya menonton dana kita dibawa ke luar negeri, tetapi kita juga ikut menikmati hasilnya. Mau tahu informasi lebih lanjut tentang hal itu silakan kunjungi dan daftar gratis di www.atomyglobalnet.blogspot.com atau hubungi WA 081357033307

    ReplyDelete
  2. Beli ganja, mdma, Methamphetamins, kokain, ketamine racemic, Benzodiazepines, Heroin, hash, minyak hash, cookies, brownies, tinctures, rumpai untuk dijual, talian marijuana, benih ganja, minyak kanabis, membeli minyak kanabis. .
    Wickr ID: hugmankush

    Harga untuk Cocain.
    20 gram ... $ 1950
    50 gram ... $ 3900
    1 kilo ............ $ 48000
    2 kilo ............ $ 78000

    Harga rumpai.
    1 paun ........ $ 1900
    1 kilo ............ $ 5000
    2 kilo .......... $ 8000

    Harga ais crytal meth.
    20 gram ... $ 1550
    50 gram ... $ 3000
    1 kilo ............ $ 37000
    2 kilo ............ $ 70000

    ID Telegram: hugmankush
    ID Wechat: leewung
    Wickr ID: hugmankush
    E-mel: jordanchapman20@gmail.com

    Kami hanya menerima pembayaran melalui bitcoin, pasti sebelum anda menghubungi kami, anda mempunyai bitcoin anda bersedia.

    Kami juga menjual Guns Firearms 1911 Handguns AR-15s Concealed Carry
    Pistol, Ruger LCR 38 Special Revolver Double Action, Smith Wesson Model 60 357 Magnum / 38 Special Revolver Glock 17,19,22

    ReplyDelete

Next
▲Top▲