Dilihat dari Manfaatnya
Manfaat yang dirasakan perusahaan
khususnya untuk kepentingan pelanggan memperlihatkan bahwa e-commerce dapat
memberikan manfaat antara lain:
·
Mendapatkan
pelanggan baru. Studi yang menyebutkan bahwa manfaat penggunaan e-commerce dalam
bisnis adalah mendapatkan pelanggan baru dikemukakan oleh Hamill da Gregory,
1997 dan Swatman, 1999 serta Hoffman dan Novak, 2000. Digunakannya e-commerce
memungkinkan perusahaan tersebut mendapatkan pelanggan baru baik itu yang
berasal dari pasar domestik maupun pasar luar negeri.
·
Menarik
konsumen untuk tetap bertahan. Studi yang dilakukan oleh Daniel & Storey,
1997 di industri perbakan menemukan bahwa dengan adanya layanan ebanking
membuat nasabah tidak berpindah ke bank lain. Selain itu bank juga akan
mendapatkan pelanggan baru yang berasal dari bank-bank yang bertahan dengan
teknologi lama.
·
Meningkatkan
mutu layanan. Dengan adanya e-commerce memungkinkan perusahaan dapat
meningkatkan layanan dengan melakukan interaksi yang lebih personal sehingga
dapat memberikan informasinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.
Studi yang menyebutkan bahwa penggunaan e-commerce dapat bermanfaat
untuk meningkatkan mutu layanan ini dikemukakan oleh Gosh, 1998.
·
Melayani
konsumen tanpa batas waktu. Studi yang dilakukan oleh Daniel & Storey, 1997
menemukan bahwa adanya pelanggan dapat melakukan transaksi dan memanfaatkan
layanan suatu perusahaan tanpa harus terikat dengan waktu tutup ataupun buka
dari suatu perusahaan tersebut.
·
Dengan
menggunakan e-commerce, produsen dapat merubah daftar harga atau
melakukan kustomisasi produk atau jasa yang ditawarkan dan terinformasikan
secara cepat melalui website.
·
e-commerce
membantu dalam
mengurangi inefisiensi yang mungkin terjadi dalam rantai penawaran, mengurangi
kebutuhan untuk membuat inventory dan menghindari keterlambatan pengiriman.
Sehingga produsen mempunyai kepercayaan diri tentang usaha yang dijalankan
dalam melakukan kerjasama dengan pemasok dan perusahaan jasa.
·
E-commerce
dapat menghemat
waktu pelanggan dibandingkan jika pelanggan tersebut melakukan pembelian secara
off-line. Seringkali pelanggan membayar lebih murah untuk harga produk
tertentu dibandingkan jika pelanggan membelinya secara off-line.
·
Keputusan dalam berbelanja
·
Produk yang diinginkan
·
Hemat Pengeluaran
·
Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat
·
Meningkatkan Kinerja
Dilihat dari Dampaknya
Dampak E-commerceTerhadap Dunia bisnis
Dalam kategori pertama, e-commerce
berdampak pada akselerasi pertumbuhan direct marketing yang secara
tradisional berbasis mail order (katalog) dan telemarketing. Kemunculan e-commerce
memberikan beberapa dampak positif bagi aktivitas pemasaran, diantaranya:
ü
Memudahkan
promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time melalui saluran
komunikasi langsung via internet.
ü
Menciptakan
saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di hampir
semua belahan dunia.
ü
Memberikan
penghematan signifikan dalam hal biaya pengirima informasi dan produk
terdigitalisasi (contoh perangkat lunak dan musik)
ü
Menekan
waktu siklus dan tugas–tugas administratif (terutama untuk pemasaran
internasional) mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk.
ü
Layanan
pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan, karena pelanggan bisa mendapatkan
informasi lebih rinci dan merespon cepat secara online.
ü
Memfasilitasi
mass customization yang telah diterapkan pada sejumlah produk seperti
kosmetik, mobil, rumah, komputer, kartu ucapan, dan berbagai macam produk
lainnya.
ü
Memudahkan
aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif
dibandingkan mass advertising.
ü
Menghemat
biaya dan waktu dalam menangani pemesanan, karena sistem pemesanan elektronik
memungkinkan pemrosesan yang lebih cepat dan akurat.
ü
Menghadirkan
pasar maya/virtual (markespace) sebagai komplemen pasa tradisional (marketplace).
0 komentar:
Post a Comment